Jumat, 11 Januari 2013

Muda Rewo-rewo, Tua Toubat, Mati Masuk Surga
















Kemarinkan ane lihat pertandingan persahabatan antara PSIS Semarang lawan Persip Pekalongan di stadion jati diri,..dan walaupun hujan deras melanda semarang tapi ane kagak mengurungkan niat ane yg memang sudah ane persiapkan sejak 3 hari yg lalu,dengan motor ane lansung capcus menembus hujan deras,…

pertama datang ane liat-liat lapak kaos dulu gan,..memang ane sudah persiapkan duit untuk belanja-belanja kaos bola dan olahraga di depan jati diri,..selain harga murah siapa tau ada yg cocok modelnya,…ehhh,..karena asik belanja sampe-sampe duit ane sangat mepet untuk beli tiket masuk VIP,…ane hitung-hitung kan nanti sehabis pulang nonton bola ini kan ane merencanakan mau beli sate ayam sambil beli pisang molen untuk teman liat liga inggris di tv,..wah…duit-nya kayaknya rade mepet nih,…ah..terpaksa ane beli tiket belakang gawang aja,…lebih murah pikir ane ,…
Setelah puter-puter..stadion liat kurva selatan untuk suporter panser biru terlihat padat,..ane lalu muter ke tribun kurva utara untuk snex,.eh..jarang-jarang ane nonton di tribun ini piker ane,..so ane lansung beli tiket di calo 10 ribu dan masuk,…
Oh ya gan,jika Persija ada istilah salam Satu Jakarta Satu, atau Gue anak Jakarta,..di Arema Malang ada Salam satu jiwa, atau Persebaya ada Salam Satu Nyali,..lha kalo di Suporter PSIS Snex ada salam Rewo-rewo,..ha..ha…ha…
Snex itu singkantan dari Semarang Extreme,kaosnya dominan hitam,sedikit corak merah dan biru,dulu memang di semarang hanya ada satu supporter yaitu panser biru tapi dalam perkembangannya kemudian ada Snex,…semua supporter PSIS pasti tau sepak terjang Snex ini gan,..yg membuat kelompok ini menonjol dan disegani adalah dalam hal kemilitannannya dalam mendukung PSIS. Bisa-bisa agan-agan pada geleng-geleng kepala melihatnya,…mungkin satu kelompok yg dapat di sepadankan dalam hal “kegilaan”dengan mereka adalah bonek mania gan.
Berdasar sepengetahuan ane snex ini adalah kelompok yg kebanyakan anggotanya dari daerah semarang bawah daerah timur,…di kawasan-kawasan slump,pemukiman padat kot lama dan batas kota timur,…kalo dilihat memang supporter Snex ini banyak dari golongan menegah bawah,termarjinalisasi dibidang ekonomi,kebudayaan dan pemuda-pemuda yg tersisih oleh pesatnya pembangunan kota semarang.jika agama membawa candu akan surga,maka candu mereka adalah adanya rasa eksistensi,kebanggaan dan brootherhood saat membela panji-panji PSIS.
Emm,….mengenai istilah rewo-rewo yg popular di kalangan Snex ini memang padanan kata yg baku susah ditemui,..jadi menurut terjemahan ane rewo-rewo itu berarti deviant,menyimpang,gila,ekstreem,edan atau diluar nalar sehat.
Saat di dalam stadion kata-rewo-rewo ini cukup sering muncul dalam lagu-lagu snex,..untuk mengambarkan kegilaan mereka coba deh agan masuk di tribun tempat mereka,..liat orang-orangnya,..jangan membayangkan supporter kayak darius sinatria di sana gan,yg wangi,chick,fashionable dan borjuis. Yg ada adalah dominan tampang dan penampakan yg keras khas kelas pekerja,tattoo,rambut mowhawk,atribut yg meneror dan bau alcohol yg menyengat,satu dua yg mabuk kadang di temui gan,mereka yg mabuk bukan untuk mengacau tapi malah buat bahan bercandaan,tambah rame dan gerr.
Apalagi kalo saat laga tandang,..jangan Tanya kemilitananya lagi gan,..kemana pun asal ada jalur kereta dan transportasinya di jawa,kebanyakan pasti datang mensuport.sebagai bayangan pernah saat tour away ke jepara mereka pada naik trailer terbuka,membajak truk-truk besar agar sampai tujuan,memang nyawa Cuma selembar tapi itupun rela di gadaikan untuk support PSIS,..edan gan.jika ada bentrok pasti mereka yg terdepan ,….sudah ane bilang jika agan pernah melihat militansi bonek mania,lha itulah yg dapat menandingi kemilitanan snex ini.
Sumber : http://olahraga.kompasiana.com
definisi Ultras ada pada mereka ini gan ,….dan mungkin layak masuk documentary the real football factory.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar